13 Juli 2017

Financial Planning : Menabung bagi karyawan baru

Setelah menjalani kehidupan sebagai karyawan selama kurang lebih 3 tahun, saya ingin memberikan tips bagi para karyawan baru, bagaimana sebaiknya kita mengelola keuangan kita. Bagaimanapun saya juga pernah berada pada posisi dimana rasanya senang banget punya uang sendiri. Nah, biasanya karena ngerasa punya uang, terutama pada saat gajian, saya akan belanja macam. Mulai dari pakaian, sepatu, parfum, skincare, jilbab, pokoknya apa yang keliatan bagus pada saat jalan2 ke Mal itu yang dibeli. Awalnya sih happy-happy ya, tapi lama-lama kok senep. Uang tabungan gak nambah-nambah, padahal udah kerja lumayan lama. Jadi biar pada gak salah, saya bantu sharing ya,

1. Pay your self first

Dari uang masuk pada saat gajian, pastikan bahwa kalian menyisihkan 10% - 30% dari uang gaji. Kalo saya ada reksadana yang akan motong uang gaji setiap tanggal 26, jadi saya gak ngerasa nabung, tau-tau udah pindah aja ke rekening sebelah. Ini berguna banget terutama buat orang yang malas kayak saya. Jadi tanpa effort pun udah nabung. Atau kalopun gak mau reksadana autodebet ke rekening tabungan, itu juga bisa. Intinya di awal gajian harus ada yang disisihkan buat nabung.

2. Bayar pengeluaran-pengeluaran pokok

Selanjutnya biasakan pada tanggal 25 atau habis gajian bayar segala pengeluaran. Mulai dari kosan, uang pulsa, zakat dan shadaqah, kirim uang ke orang tua. Apapun itu yang tiap bulan kamu lakukan. Jadi uang di akhir itu uang yang akan kamu gunakan untuk makan dan main2.

3. Tetap berhemat dan gak upgrade lifestyle

Meskipun status kini sudah menjadi karyawan, jangan langsung naikin gaya hidup dan hura-hura ya. Kalo bisa masih sengsara kayak jaman kuliah lah. Makan jangan di resto terus, makan di warteg, resto padang, atau masak sendiri biar lebih hemat. Kalo cuma deket, bisa jalan kaki, gak usah bawa mobil atau motor. Kalo mau belanja-belanja juga jangan yang mahal2. Jujur waktu saya pertama kali datang ke jakarta dari Yogya, saya ngerasa semua barang mahal. Nah, pergaulan di kantor itu membutuhkan gaya yang gak murah. Ada orang-orang yang "branded" sehingga bikin kita minder, gak mau kalah. Saran saya gak usah ikut kompetisi kayak gtu dan maksa. Kalo mau belanja barang branded boleh, tapi harus direncanakan. Misalnya nabung buat beli tas Kate Spade selama 4-6 bulan. Jadi gak asal beli. Biasanya sih kalo gak butuh-butuh banget, pada saat uang kekumpul, kamu akan ngerasa sayang buat ngeluarin uang itu. hehe..

4. Manfaatkan fasilitas perusahaan

Nah ini paling penting! Pastikan kamu tau apa aja fasilitas di perusahaan dan manfatkan. haha..
Contohnya nih, kalo di perusahaanku, makan siang itu gratis di kantin. Jadi kita gak perlu ngeluarin uang untuk makan siang. Ya, kadang-kadang bosen atau diajak teman makan di luar boleh aja. Tapi dari 5 hari kerja, kalo kamu bisa ngehemat 3 kali makan siang aja kan udah lumayan. Trus asuransi kesehatan, itu juga lumayan kalo bisa cover periksa gigi dan beli vitamin. Jadi akan mengurangi pengeluaran kamu. Pastikan untuk membaca dan memahami ya, apa aja yang bisa diklaim. Jadi kamu hemat deh.

Nah itu dia tips dari aku tentang bagaimana menabung yang lebih gampang saat masih jadi karyawan baru. Biasanya kita suka kalap karena ngerasa itu uang kita sendiri dan nyesel deh gak punya tabungan ( pengalaman sendiri ). Jadi semoga ini bisa membantu ya

Thanks

Fira

1 komentar:

Alvidha Septianingrum mengatakan...

No. 3 SAYA BANGET!!! Hahaha pernah mau beli mekap2an nabung 2 bulan, pas duit kekumpul dan ke counternya.. langsung mikir "kayaknya belum butuh" wkwkwk